SAJIMIN TULUNGAGUNG

SAJIMIN TULUNGAGUNG
blog advertisement saat ini sungguh sangat menarik, karena akan mendatangkan suatu database client atau konsumen sehingga dapat dilakukan pendekatan yang lebih menarik
Home » » TIM YANG EFEKTIF

TIM YANG EFEKTIF

MEMBANGUN TIM YANG EFEKTIF
Editor: Andryansyah Arifin

Seorang manusia sebagai mahluk sosial tentu membutuhkan orang lain untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan sendiri. Tapi, kerja sama yang baik tidak dapat dicapai begitu saja. Perlu upaya agar bisa sukses. Orang bisa mencapai sukses jika didukung dan mendukung orang lain. Intinya, sukses bisa diraih melalui kerja sama tim. Siapa pun yang telah mencapai sukses pasti menyadari hal ini. Tetapi, tentu saja tim yang dimaksud di sini bukanlah sembarang tim, tetapi tim yang efektif. Karena, pikiran orang banyak akan lebih baik ketimbang pikiran satu orang saja. Membangun sebuah tim adalah suatu proses memilih, mengembangkan, memberikan kemudahan, dan melatih sebuah kelompok kerja agar berhasil mencapai tujuan bersama. Di dalamnya mencakup memotivasi anggota-anggota agar merasa bangga dalam melaksanakan tugas kelompoknya. Pembangun tim (team builder) harus mampu memenuhi tuntutan tugas (kualitas hasil, tepat waktu, dsb.) dan memenuhi kebutuhan anggota-anggota kelompok (adil, tidak konflik, dsb.)

Melalui kerjasama dan saling berbagi pengetahuan serta ketrampilan, sebuah tim seringkali mampu menyelesaikan tugas secara efektif, ketimbang dilakukan oleh seorang individu. - “A team is a group organized to work together to accomplish a set of objectives that cannot be achieved effectively by individuals”. Tim dapat merupakan kelompok kerja yang relatif permanen, namun juga bisa bersifat temporer yang bertugas untuk menyelesaikan sebuah proyek tertentu. Tim yang relatif permanen biasanya dinamakan “natural team work”, sedangkan yang temporer banyak disebut sebagai “a cross-functional action team” – biasanya terdiri dari orang-orang dari berbagai bagian atau departemen. Bentuk tim yang dianggap paling maju adalah “self-directed”, karenanya tim semacam ini kurang memerlukan pengawasan, dan memiliki otoritas penuh dalam penyelesaian tugas-tugasnya. Agar tim bisa bekerja secara efektif dalam mengembangkan motivasi, kedekatan, dan produktivitas, banyak organisasi yang memandang pembangunan tim merupakan salah satu aspek dari pengembangan organisasi.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar atau masukan

Terbaru

POSTINGAN TERBARU

My Linked

SiteUptime Web Site Monitoring Service Referall Banner Rambak Tulungagung

Popular Posts